Rabu, 13 Agustus 2014

Pemuda Siap Menuju ASEAN Community 2015

   Apa itu ASEAN Community 2015? Untuk apa dan  Pengaruh apa untuk kita? Mungkin tau kata tersebut saja baru sekarang, atau ada yang sudah tanpa baca ini sudah paham dan sudah siap menghadapinya, wow hebat! Penulis pun baru mengenal istilah itu barusan-barusan ini ketika mau masuk dunia perkuliahan, itupun karena tugas, hahaha. let's go now!!!
   ASEAN Cummunity 2015 atau dalam bahasa Indonesianya Komunitas ASEAN 2015 adalah kerjasama antara bangsa-bangsa di Asia Tenggara guna membangun bersama kekompakan juga kesolidan antara anggota ASEAN, satu visi yang sama, kesejahteraan bersama, serta saling peduli antara warga Asia Tenggara. Kalau di eropa seperti Uni Eropa. Ada tiga pilar yang menopang komunitas ASEAN ini :

   1.) Komunitas Politik dan Keamanan ASEAN
   2.) Komunitas Ekonomi ASEAN
   3.) Komunitas Budaya dan Sosial

   Semua persoalan dari Politik dan Keamanan, Ekonomi serta Budaya dan Sosial siap dibangun guna untuk merubah ke arah yang lebih baik. Masalah Politik dan Keamanan contohnya, negara kita sangat sering bertikai dengan negara tetangga Malaysia tentang pengakuan Batas Wilayah, masalah itu bisa saja terselesaikan ketika ASEAN Community 2015 tersebut telah terbentuk. Lalu dari faktor Ekonomi, dari kegiatan ini semua anggota ASEAN mempunyai tujuan yang sama yaitu Membangun Perekonomian untuk kesejahteraan masyarakatnya, mungkin hanya Singapura dan Malaysia yang satu langkah di depan kita, dengan ini mungkin saja kita bisa sama sejajar dengan mereka yang mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, unggul, dan berdaya saing tidak hanya di wilayah lokal khususnya Global. Yang terakhir Budaya dan Sosial, hal ini juga sangat penting dalam pengaruhnya kepada negara, dari sistem Budaya Sosial seperti Pendidikan, Kesehatan dll, banyak sekali masalah-masalah yang hingga sekarang belum juga terselesaikan.
   Dengan perkembangan zaman yang semakin cepat dan canggih, Negara tidak hanya membutuhkan Pemimpin-pemimpin yang baik tapi juga kualitas Pemudanya yang siap meneruskan perjuangan. Negara Indonesia membutuhkan Pemuda-Pemuda khususnya para Mahasiswa untuk menghadapi ASEAN Community 2015 ini, mengapa Mahasiswa? karena Mahasiswa adalah Pemuda yang sejatinya terdidik yang mampu menjadi penggagas sekaligus penggerak perubahan dalam kehidupan sosial. Peran Mahasiswa bukan hanya pada aspek sosial yang menjadi penggerak lingkungan sekitarnya akan tetapi juga turut berperan dalam perputaran aspek ekonomi termasuk dalam Komunitas Ekonomi ASEAN  2015 nanti.
   Sebagai generasi muda dengan adanya kerjasama ini bukanlah kita bertujuan untuk bersaing dengan pemuda negara ASEAN yang lain, namun untuk berkolaborasi dengan sesama pemuda memecahkan suatu masalah secara bersama-sama itulah yang lebih utama. Mereka juga siap membagikan pendapat-pendapat yang kritis, namun di sisi itu mereka juga harus mempunyai ilmu juga wawasan yang luas tentunya. Pemuda yang berilmu luas menyukai hal-hal yang baru, semangat juang tinggi, pemikiran kritis, bepedulian sosial yang tinggi dengan di dampingi sikap yang baik, inilah pemuda yang mampu berpengaruh luar biasa terhadap adanya ASEAN Community 2015. Walaupun begitu tidak dipungkiri kalau kita sebagai Pemuda khususnya Mahasiswa akan bersaing ketat dengan warga anggota ASEAN, dengar-dengar dengan adanya komunitas ekonomi ASEAN ini maka jika bekerja di negara lain (ASEAN) maka tidak perlu menggunakan passport atau visa kerja. Jadi warga negara Singapura atau Malaysia contohnya bila mau bekerja di PT atau perusahaan indonesia mereka bisa masuk sama seperti Persyaratan Warga Negara Indonesia.
   Menuju ASEAN Community 2015 yang kemungkinan akan dimulai pada bulan Desember tahun depan, dengan ini sebagai Mahasiswa yang mempunyai peran untuk membangun bangsa harus siap berkompetisi untuk dapat mengembangkan dirinya ke arah yang lebih positif, guna akan berdampak bagi kemajuan lingkungan sekitarnya juga bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar